Sebuah akhiran an

Begitu selesai peresmian, aku bersiap-siap untuk pulang kampung. Untuk sedikit mengabarkan kalau langkahku mulai menuai sesuatu, meski semua ini seperti menjadi awal kembali. Tak layak rasanya bila aku harus mengisyaratkan semua ini sebagai keberhasilan, bukan dan mungkin belum saatnya. Karena bagiku, keberhasilan adalah sesuatu yang ditandai dengan keringanan langkah dalam memperjuangkan sisi sosial yang begitu banyak terhampar di bumi pertiwi ini.

Dengan mendirikan usaha, setidaknya aku bisa menampung dan mungkin juga menambah jalan khususnya bagiku sendiri dan umumnya buat siapa saja yang ada di sekitarku. Sungguh, momentum kemarin adalah hal yang takkan pernah bisa dengan mudah untuk dilupakan. Kebebasan yang selama ini aku yakini sebagai kehidupan yang mutlak, pelan-pelan bergeser menjadi kebebasan diantara kepuasan pelanggan dan klien. Sebuah sisi perjuangan yang takkan mudah.

Disini, dikampung halaman. Aku merancang sketsa kebebasan yang rencananya akan aku lakukan untuk terus memperjuangkan ketertinggalan yang masih dialami oleh saudara-saudaraku dipinggiran kota maupun pinggiran wilayah kota.

Salam perjuangan.

Komentar