Medan Bukan Hanya Toba, Inilah 4 Wisata Alam Terbaik yang Tak Kalah Menawan

Medan merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi unggulan wisata di Indonesia. Ibu kota provinsi Sumatera Utara ini kini sibuk berbenah mempersiapkan Festival Danau Toba yang akan berlangsung 6-8 Desember mendatang. Kultur yang ada di tanah Batak memang masih kental dan pemerintah setempat berhasil mengemas pentas budaya sedemikian rupa hingga mampu menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Tapi kekayaan budaya bukanlah satu-satunya wisata yang bisa kamu nikmati ketika menjejakkan kaki ke sana. Wisata alam yang memikat pun memiliki daya tariknya sendiri untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Berikut beberapa wisata alam yang sayang untuk dilewatkan jika kamu memiliki kesempatan menjelajah kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya ini.

Air Terjun Sibolangit

Bertempat di kaki Gunung Sibayak, 75 km dari kota Medan, perjalanan jauhmu akan terbayar dengan sajian air terjun indah yang memiliki 2 gradasi warna ini. Sebutan yang disematkan pada Air Terjun Sibolangit ini bukanlah isapan jempol belaka karena air terjun ini memang memiliki 2 gradasi warna yang berbeda. Air yang tertampung di bawah berwarna putih, sedangkan debit yang jatuh ke bawah berwarna biru. Keunikan air terjun ini tidak berhenti sampai di situ karena perbedaan warna yang dihasilkannya pun memberikan perbedaan suhu pada aliran airnya. Air yang berwarna biru bersuhu dingin, sedang yang berwarna putih bersuhu hangat. Menarik bukan?

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Bukan hanya Bandung yang memiliki obyek wisata Kawah Putih, Medan pun memiliki obyek serupa yang tak kalah eksotis. Bertempat di Desa Dolok Tinggi Raja, obyek wisata yang berjarak tempuh 3-4 jam dari kota Medan ini menawarkan pesona keindahan bukit kapur putih dengan aliran air panasnya yang tampak seperti salju. Tak hanya itu, di sini pengunjung juga dapat menikmati pemandian yang terbentuk dari aliran air sungai yang menyatu dengan curahan air panas sembari menikmati keindahan air berwarna biru kehijauan yang memanjakan mata.

Hutan Tangkahan-Langkat

Di balik kerimbunan Taman Nasional Gunung Leuser, terdapat sebuah destinasi menawan yang dikenal dengan julukan The Hidden Paradise in Sumatera. Wisata yang sudah dikenal hingga mancanegara ini menawarkan berbagai kegiatan alam menarik sekaligus menantang. Salah satu daya tarik utama dari wisata Tangkahan ini adalah kegiatan menunggangi gajah di hutan liar selama beberapa jam. Pengunjung juga akan mendapat penjelasan mengenai hutan ketika berkeliling di atas punggung gajah. Setelah puas berputar-putar, kegiatan memandikan gajah di tengah rimbunan hutan pun menjadi hal yang tak kalah menarik dilakukan. Tak hanya itu, Tangkahan juga memiliki beberapa air terjun yang sangat jernih yang dapat digunakan untuk berenang atau sekedar bermain air. Pemandangan sekeliling yang indah pun dapat dijadikan alasan untuk melanjutkan penelusuran dengan trekking dan mengabadikan keanekaragaman hayati yang ditemui dengan kilatan kamera.

Air Terjun Sipiso-piso

Air terjun dengan ketinggian yang mencapai 120 meter ini berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu yang tertinggi di Indonesia. Perpaduan suara gemuruh air terjun yang berada di Kabupaten Karo ini dengan hijaunya hamparan hutan pinus akan menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Keindahan tempat ini menjadi semakin lengkap dengan adanya gardu pandang di puncak bukit yang akan menampilkan pesona Tanah Karo serta Pulau Samosir yang berada di tengah-tengah Danau Toba.

Itulah 4 wisata alam menarik di Medan yang sayang untuk dilewatkan. Tidak ada alasan untuk tidak menjadikan Medan sebagai destinasi liburanmu selanjutnya kan?

Erika
contoh artikel

Komentar